Rabu, 22 Agustus 2007


Materi Prosedur Pengelasan ini ditulis kembali dari buku
DEPARTEMEN PENDIDIKAN dan KEBUDAYAAN

Tidak ada komentar:

STAINLESS apa MONEL

Bahan Dasar

Logam yang paling banyak digunakan sebagai bahan dasar dari keperluan industri atau non indudtri kebanyakan adalah besi, mengapa menggunakan besi ?, disamping ditentukan oleh nilai ekonomisnya juga yang paling penting adalah karena sifat-sifatnya yang bervariasi, yaitu bahan tersebut mempunyai berbagai sifat dari yang paling lunak dan mudah dibuat sampai yang paling keras dan tajampun untuk pisau pemotong atau dapat dibentuk apapun dengan berbagai cara pembentukan dan perlakuan.

Besi-Karbon adalah bahan dasar dari besi-baja (Pengetahuan Bahan Teknik. PT. Pradnya Paramita. 1999), inilah yang sering diperdebatkan oleh masyarakat tentang keduanya, yaitu “Besi itu sendiri” dan “Baja itu sendiri”, artinya tidak ada hubungan antara keduanya, dan dapat pula diartikan “baja itu bukan dari besi”. Menurut penulis (penulis artikel) inilah yang perlu diluruskan, yaitu hubungan antara besi dan baja tidak bias dipisahkan, karena baja terbuat dari bahan dasar besi-karbon. Maka berawal dari bahan besi itulah macam-macam baja akan dibuat.

Stainless Steel atau Monel

Juga salah satu pemahaman yang sering diperdebatkan adalah antara Stainless steel dengan Monel, masih banyak yang beranggapan bahwa monel itu adalah stainless steel yang kurang bagus, atau stainless steel yang kurang tajam. Sebelumnya marilah kita lihat dulu bahan-bahan logam yang tahan karat, antara lain : Cr = Chrom; Ni = Nikel; Zn = seng; timbale dan masih banyak yang lain, jika dilihat dari unsur paduan Stainless steel adalah: Fe-Cr-Ni (dan beberapa paduan lain untuk keperluan tertentu) sedangkan unsur paduan dari Monel adalah Ni-Cu. Dapat kita lihat dari unsur paduan diatas bahwa bahan dari keduanya jelas berbeda dan akan menghasilkan bahan paduan yang berbeda pula. Stainless Steel dibuat untuk keperluan yang dalam penerapannya diharapkan tidak mudah aus, kuat, tahan korosi dapat dipergunakan dalam jangka waktu yang lama. Monel dengan nama lain Tembaga Putih lebih dipilih untuk keperluan komponen-komponen yang berhubunngan dengan kelistrikan.

“KEBENARAN HANYALAH MILIK ALLAH SWT SEMATA”

Oleh :

AHMAD BUDI SANTUSA